Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat meresmikan PLTD

Sumenep, Bangsapedia.com - Desa Sepanjang Pulau Sepeken, Sumenep, Madura Jawa Timur sudah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Hal ini setelah diresmikan oleh Bupati Sumenep  Achmad Fauzi pada Selasa 13 Juni 2023.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas program dari PLN yang telah berupaya memberikan pelayanan listrik kepada masyarakat di kepulauan ini,” kata Bupati Achmad Fauzi.

Diharapkan, masyarakat ikut memelihara jaringan listrik ini sebaik mungkin, supaya keberadaannya tidak mudah rusak, sehingga bisa digunakan dalam kurun waktu yang tidak terbatas.

“Masyarakat untuk turut bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas PLTD ini, agar tidak cepat rusak dan mampu melayani dengan maksimal,” tutur Bupati.

Bupati mengatakan, pemerintah daerah terus berkomunikasi dengan pihak PLN, untuk melayani memenuhi kebutuhan ketenagalistrikan masyarakat di wilayah kecamatan kepulauan yang belum tersentuh aliran listrik.

“Pemerintah dan PLN secara bertahap terus berupaya memenuhi kebutuhan infrastruktur listrik di kepulauan, demi meningkatkan layanan dasar masyarakat,” jelasnya.

Peresmian PLTD ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita, pengaktifan listrik PLTD dan menghidupkan meteran listrik warga pelanggan secara simbolis.

Sementara manajer PLN UP3 Pamekasan Feri Asmoro Hermanto mengungkapkan, PLTD ini merupakan harapan masyarakat sejak lama, meskipun masih membutuhkan proses penyempurnaan dan peningkatan kapasitas.

“PLTD ini sebagai tahap awal dengan kapasitas 240 KW, namun PLN secara bertahap  mengembangkannya melalui pembangunan  PLTS, dalam rangka meningkatkan kapasitas kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pembangun listrik dengan PLTD dan PLTS kapasitasnya mencapai 1,5 megawat, yang mampu memberikan pelayanan aliran listrik kepada 1500 pelanggan.

“Kami komitmen untuk meningkatkan listrik di Desa Sepanjang itu dengan membangun PLTS untuk melayani masyarakat,” pungkasnya.

Mahrus Ali, Sumenep

KOMPETISI

Artikel Sebelumnya

Ngantor di Desa Ujung Selatan, Bupati Ipuk Perkuat Penunjang Fasilitas Kesehatan

Artikel Selanjutnya

You may also like

More in Regional