Sumenep, Bangsapedia.com - Ale Hattan Yasar Maulana putra daerah Sumenep, Madura Jawa Timur yang saat ini dinobatkan sebagai Duta Budaya Indoensia 2023.

Sebagai Duta Budaya Indonesia Ale Hattan Yasar Maulana ini tidak lepas dari kepedulian terhadap kesenian dan budaya di Sumenep.

Salah satu poin plus yang didapatkan Ale Hattan dalam pemilihan Duta Budaya Indoensia  ini, adalah dengan menampilkan Topeng Dalang.

Diusia 16 tahun ini, Ale Hattan saat ini masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumenep. Tetapi, dirinya sudah mampu berprestasi.

Perlu diketahui, Topeng Dalang menjadi salah satu kesenian kebanggaan masyarakat Sumenep, yang kerap kali ditampilkan dalam beberapa acara besar,  baik hajatan pernikahan, hiburan masyarakat, hingga rokat atau upacara tolak balak.

Kesenian tersebut, merupakan pertunjukan yang menampilkan teatrikal cerita rakyat dan syarat akan unsur sejarah, pendalangan seni tari dan musik tradisional, serta kerajinan ukir khas wilayah setempat.

Setiap pementasan Topeng Dalang akan dibutuhkan penari sebanyak 15 sampai 25 orang dalam setiap lakon, yang dipentaskan semalam suntuk dan pemerannya didominasi oleh laki-laki.

Para pemeran akan memakai topeng dengan beragam karakter yang menutupi seluruh wajahnya.

Ale Hattan Yasar Maulana menegaskan, dirinya akan berupaya semaksimal mungkin untuk melestarikan budaya Indonesia, khususnya yang berasal dari Kabupaten Sumenep.

Salah satunya, kata dia adalah mengenalkan kebudayaan dengan menggunakan konsep lebih menarik, tanpa menghilangkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

"Salah satunya, ya kita harus bisa mengemas kebudayaan itu dengan lelebih menarik. Disinilah, kreativitas kami sebagai Duta Budaya Indonesia harus bisa diandalkan," tuturnya.

Dengan capaian ini kata Ale Hattan, tidak lepas dari dukungan Bupati Achmad Fauzi Wongsojodo yang mendukung penuh dirinya dalam ajang Duta Budaya Indonesia.

"Ini tidak lepas dukungan dari Bupati Achmad Fauzi yang mensuport dirinya, terimakasih bapak," pungkasnya.

Mahrus Ali, Sumenep

Sumenep Direncanakan Jadi Tuan Rumah Grand Final Duta Budaya Indonesia

Artikel Sebelumnya

Target Punya Fraksi Sendiri, PKS Sumenep Gelar Kampanye di Dapil 2

Artikel Selanjutnya

You may also like

More in Humaniora