Kereta api Pandalungan Jakarta Jember terlambat 3 jam karena banjir

Jember, Bangsapedia.com - Banjir yang terjadi di wilayah Semarang dan sebagian utara Pulau Jawa turut mengganggu perjalanan kereta api.

Salah satu kereta api (KA) tujuan Daop 9 Jember yang terkena dampaknya adalah KA Pandalungan dari Stasiun Gambir yang tiba di Stasiun Jember pada  Jumat (15/3/2024) pukul 13.54 WIB.

KA Pandalungan mengalami kelambatan 189 menit dari waktu yang seharusnya pukul 10.45 WIB.

Alasannya karena masih harus memutar lewat Purwokerto, Yogyakarta dan Solo.

Selanjutnya untuk mengurangi imbas kelambatan, KA Pandalungan dilakukan pembersihan rangkaian dan perawatan kereta langsung di peron Stasiun Jember guna efisiensi waktu perawatan.

Sedangkan untuk lokomotif KA Pandalungan dilakukan pemeriksaan dan perawatan oleh Tim Sarana di Dipo Lokomotif. 

"Hari ini, Jumat, KA Pandalungan relasi Jember - Gambir dapat diberangkatkan dari Stasiun Jember pukul 15.25 WIB atau tertunda 30 menit dari jadwal seharusnya pukul 14.55 WIB dikarenakan masih diperlukan waktu untuk perawatan Sarana baik kereta maupun lokomotif guna menjamin bahwa rangkaian KA Pandalungan siap operasi dan aman untuk melakukan perjalanan menuju Jakarta," kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro. 

Cahyo mengatakan, untuk lokasi banjir di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sudah surut dan stasiun juga sudah dibuka kembali untuk melayani penumpang seperti semula.

"Alhamdulillah untuk lokasi banjir antara Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dengan Stasiun Alastua sudah mulai surut, setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh dan dilakukan uji coba dengan menggunakan lokomotif, kedua jalur yang sebelumnya terendam banjir sudah dapat dilalui oleh kereta api meski dengan kecepatan terbatas," terang Cahyo.

Harapannya cuaca terus membaik dan genangan air disekitar rel di lintas utara Pulau Jawa terus berkurang, agar kedua jalur segera bisa dilalui dengan kecepatan normal.

Sehingga dalam waktu dekat jadwal perjalanan kereta api lintas utara jawa kembali normal, termasuk perjalanan KA Pandalungan.

Tim Redaksi

11 Camat di Jember Jadi PPAT Sementara, Ini Tugasnya

Artikel Sebelumnya

Terdampak Banjir, 6 Haktare Lahan Pertanian di Sumenep Terancam Gagal Panen

Artikel Selanjutnya

You may also like

More in Ekonomi Bisnis