Sumenep, Bangsapedia.com -  Anggota DPRD Sumenep, Madura Jawa Timur KH Sami'oddien menekankan pemerintah kabupaten Sumenep untuk tidak hanya mengadakan event yang sifatnya musiman.

Menurutnya, pada dasarnya, peningkatan sektor pariwisata, tidak boleh hanya bergantung pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya musiman.

"Sehari setelah hari raya meningkat. Setelah itu ya kembali lagi sepi, ini kan musiman," kata dia Jumat, 17 April 2024.

Sebab hal itu, kata dia membuat sektor-sektor pariwisata hanya akan ramai pengunjung pada waktu dan event tertentu saja.

Politisi PKB ini menilai sektor pariwisata harusnya bisa stabil dan selalu di kunjungi masyarakat, bahkan di hari-hari biasa.

Kendati demikian, ia mengakui adanya event-event yang diselenggarakan musiman oleh Pemkab Sumenep di kawasan pariwisata, mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal tersebut kata dia, seperti popularitas Karapan Sapi di Kecamatan Saronggi dan Bluto, yang menjadi wadah masyarakat sekitar untuk menambah penghasilan dengan berjualan di dekat area kegiatan.

"Iya, musiman. Cuma ekonomi, UMKM oke. Tapi, coba lihat setelah satu minggu," ujarnya.

Untuk itu, Sami' berharap pemerintah bisa membuat berbagai inovasi dan kreatifitas, agar tempat-tempat wisata di Sumenep memiliki daya tarik, yang membuat pengunjung bisa terus berdatangan, setiap harinya.

"Perlu ada inovasi supaya destinasi wisata tetap ramai," pungkasnya.

Mahrus Ali, Sumenep

Cabdin Jember Kirim 116 Kontingen ke LKS Jatim 2024

Artikel Sebelumnya

Kunjungi Ponpes Nurul Jadid, Ini Penilaian Bupati Probolinggo

Artikel Selanjutnya

You may also like

More in Regional