Ratusan bendahara sekolah di Jember saat mengikuti Bimtek Arkas 4.0 di Rembangan

Jember, Bangsapedia.com - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember bekerjasama dengan MKKS Swasta dan Forum Komunikasi Bendahara BOSP SMK Swasta menggelar Bimtek Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (Arkas) 4.0 selama dua hari di Rembangan pada Jumat dan Sabtu (2/8/2023). 

Sebanyak 169 bendahara sekolah mengikuti kegiatan Bimtek ini. Tujuannya agar mereka memahami sinkronisasi peluncuran program aplikasi arkas 4.0 BOSP secara nasional.

Arkas merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin 7 Agustus 2023 lalu. 

Fungsi dan manfaat Arkas 4.0 adalah mengukur pembelanjaan dana BOSP terkait 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Kemudian mempermudah sekolah dalam pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOSP.

Selain itu juga menjamin tercapainya penggunaan sumber dana secara efisien, efektif dan berkesinambungan serta memfasilitasi sekolah dalam menyusun perencanaan, penganggaran dan penatausahaan sekolah dari manual ke bentuk digital.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Jember Sugeng Trianto menjelaskan bendahara sekolah dituntut untuk memahami penggunaan Arkas 4.0.

Dia menilai capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan.

Setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.

"Ini diharapkan pada akhir bulan Agustus semua sekolah sudah menerapkan ARKAS 4.0, untuk itu sangat penting diadakanya bimbingan teknis ARKAS 4.0 bendahara BOSP SMK Kabupaten Jember secara mandiri," Jelas dia. 

Menurut dia, kegiatan ini dilakukan dengan dana yang menjadi tanggung jawab masing-masing satuan pendidikan, bukan dari pemerintah. 

Sementara itu, Kasi SMK Cabang Dinas Jember Muh Khotib menambahkan Arkas mengusung tiga pilar kemudahan. Yaitu lebih praktis, nyaman, dan aman. 

"Penggunaan platform Arkas 4.0 yang lebih praktis didukung dengan pengambilan nilai sisa dana anggaran yang otomatis dan sudah terintegrasi dengan aplikasi SIPlah," Tambah dia. 

Sementara, dari sisi kenyamanan, Arkas 4.0 dapat digunakan secara lebih nyaman melalui penghitungan pajak SIPLah otomatis dan akses menjadi lebih mudah. 

Kemudian yang terpenting, Arkas 4.0 lebih aman karena terdapat notifikasi error apabila terdapat kesalahan pengisian serta sudah dilengkapi dengan panduan pengisian.

"Semua penyempurnaan fitur tetap mengikuti ketentuan Permendagri No 3 tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana BOSP pada Pemerintah Daerah," Tutur dia

Untuk diketahui, pemateri kegiatan Bimtek ini adalah Kai SMK Cabang Dinas Jember Muh Khotib, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jember Arif Fatcurrahman dan Hendro Handoko. 

Bagus Supriadi

Gilga Sahid Sukses Pukau Banyuwangi Art Week 2023

Artikel Sebelumnya

Tancap Gas, PKB Sumenep Langsung Konsilidasi Menangkan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar

Artikel Selanjutnya

You may also like

More in Pendidikan